Tips

Merawat Kura-Kura di Rumah

Rizky Ramadhan
Rizky Ramadhan
Kamis, 14 Mei 2020 5:25 - Tips
Merawat Kura-Kura di Rumah

Kucing dan anjing adalah hewan peliharaan paling umum yang dipelihara banyak orang. Namun beberapa orang ada juga yang lebih memilih hewan lain untuk dipelihara, misalnya kura-kura. Merawat kura-kura di rumah tentunya berbeda ketika Anda memelihara anjing dan kucing di rumah. Hewan bertempurung yang satu ini biasa hidup di air dan sesekali pergi ke darat. Jenis kura-kura yang dipelihara juga memengaruhi cara Anda merawat mereka. Namun secara umum, ada 5 hal yang perlu diperhatikan saat Anda merawat kura-kura di rumah.


1. Menggunakan Air Sumur

Memelihara kura-kura di rumah tentunya harus memerhatikan air yang akan digunakan sebagai habitat hewan tersebut. Beberapa ahli dan pecinta hewan menyebutkan jika air sumur dianggap air yang paling cocok untuk menjadi habitat buatan bagi kura-kura. Air sumur memiliki kadar keasaman yang pas dan paling mirip dengan habitat asli si kura-kura di alam lepas. Penggunaan air PAM tidak disarankan karena mengandung kaporit dan bahan kimia lainnya yang membuat air tersebut tidak baik bagi kura-kura.


2. Makanan yang Berkualitas

Makanan kura-kura juga menjadi salah satu yang perlu diperhatikan demi kesehatan dan daya kembang si kura-kura. Ketika Anda memelihara kura-kura di rumah Anda bisa memberikan pelet sebagai makanannya. Namun jangan lupa untuk memberikan asupan protein bagi kura-kura tersebut melalui makanan lain, seperti udang dan ikan salmon.


3. Menjaga Kebersihan Air

Karena kura-kura hidup di dalam akuarium atau rumah buatan, kebersihan air tempat hidup kura-kura tidak bisa melakukan pembersihan secara alami. Anda perlu menjaga kebersihan air tempat hidup kura-kura tersebut dengan cara menggantinya secara berkala. Selain itu, kotoran dari tubuh kura-kura dan sisa makanan bisa menimbulkan jamur yang memicu biang penyakit bagi si kura-kura. Misalnya saja jamur yang mengancam, karapas, dan penyakit mata.


4. Membuat Rumah yang Luas

Persoalan luas tidaknya rumah bagi kura-kura sangat penting karena memengaruhi perkembangan kura-kura tersebut. Ketika Anda memelihara kura-kura di rumah dalam wadah sempit, itu membuat perkembangan tubuhnya tidak maksimal. Selain itu, ruang gerak si kura-kura juga sangat terbatas jika dibandingkan dengan habitat aslinya yang luas. Untuk itu, berikan rumah yang luas bagi si kura-kura agar ia bebas bergerak dan tumbuh dengan baik.


5. Volume Air

Kematian bayi kura-kura yang dipelihara di rumah seirngkali disebabkan karena volume air yang tidak diperhitungkan. Jika Anda memelihara bayi kura-kura, maka air yang diperlukan tidak perlu banyak. Berikan air pada rumahnya setinggi tempurungnya, dimana kepala dari bayi kura-kura tersebut masih bisa keluar untuk mengambil napas. Namun jika Anda memelihara kura-kura yang sudah dewasa, volume air tidak menjadi masalah.



Sumber: magazine.job-like.com


Tertarik untuk menulis artikel di Hallopet.id ?


Download the app to comment